Multimedia sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia pada abad ini
bahkan sudah menjadi kebutuhan dalam berbagai bidang, kita semua tanpa sadar
sudah memanfaatkan multimedia dari bangun pagi sampai malam menjelang tidur
contoh pemanfaatan multimedia diberbagai bidang seperti berikut:
Bidang
Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat menganalisa penyakit pasien
dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung, aliran darah, permukaan
paru-paru melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor. Selain itu, objek-objek
yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat melalui mikroskop yang
terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan dengan pemanfaatan
multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien, penggajian karyawan
RS dan mengelola persediaan obat-obatan
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang Jasa Pengiriman Barang
Kantor Pos
bisa mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya
komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat,
cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap , jadi dunia menjadi semakin
sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
Bidang industri Otomotif
Mobil-mobil
di buat dari kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan
bantuan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan
bantuan komputer pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah
ratusan perbulan, yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga
manusia.
Bidang Jasa Konstruksi
Dengan komputer para Insiyur dan
Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan yang
akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program CAD,
sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
Bidang Jasa Percetakan
Percetakan
koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang di operasikan
oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau majalah atau
koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa menghemat waktu dan
biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, butuh berapa ribu
orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan,
keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Sebagai contoh film-film Hollywood
berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk menggambarkan
kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi seolah-olah
mirip dengan kejadian nyata.
Bidang
Bisnis
Multimedia mempunyai peranan penting dalam bidang bisnis
karena dapat digunakan sebagai alat promosi. Dengan promosi yang inovatif ,
kreatif dan interaktif , daya saing sebuah produk menjadi lebih
tinggi. Multimedia memiliki kelebihan untuk menarik indera dan
minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara, dan gerakan.
Pemasaran sebuah produk akan lebih cepat dan efektif dengan penampilkan sebuah
iklan yang menarik dan mudah dimengerti. Selain itu, multimedia juga digunakan
dalam menampilkan grafik dan angka perkembangan saham, jangkauan pemasaran ,
data rahasia perusahaann dan informasi mengenai klien bisnis.
Bidang
Teknik
Di bidang teknik, multimedia dimanfaatkan dalam berbagai
aplikasi dan software simulasi yang berbasis teknik. Simulasi yang digunakan
dapat menampilkan objek-objek dua dimensi dan tiga dimensi yang dapat membantu
di bidang teknik industri, mesin dan sipil. Sementara di bidang elektro,
multimedia dapat menampilkan objek komponen beserta karakteristiknya serta
dapat menunjukkan hasil dari simulasi rangkaian berupa tampilan gelombang ,
angka dan persamaan matematis.
Bidang
Ilmu Pengetahuan dan Penelitian
Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Sebuah objek (zat atau
makhluk hidup) yang baru ditemukan dapat disimulasikan dalam bentuk model untuk
diteliti dan dikembangkan. Objek-objek tersebut dapat diteliti dengan mempelajari
tekstur, ukuran, dimensi dan karakternya dalam bentuk multimedia berupa gambar,
animasi dan bahkan suara.
Bidang
Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam industri hiburan,
khususnya untuk memberikan efek khusus suara dan gambar dalam film
dan animasi. Multimedia juga dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna
diberikan fasilitas untuk mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan
sehari-hari multimedia dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player dan
MP3/MP4 player yang dapat menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke.
Selaim itu berita-berita yang dimuat di televisi dan internet bukan hanya
berupa teks namun berisi gambar, video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi
kejadian.
REFRENSI
http://didikpermadii.wordpress.com/2012/12/14/penerapan-ict-dan-manfaatnya-bagi-pelaku-industri- dan-bisnis/
http://stitattaqwa.blogspot.com/2012/06/pengembangan-multimedia-dalam-dunia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar